Paling tidak ada dua hal penting yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja di Sekretariat DPRD Pertama, menyusun Standard Operating Procedure suatu kegiatan sehingga proses, urutan, tahapan, dan output pekerjaan menjadi jelas. Setiap pegawai mempunyai gambaran yang jelas dari mana mulai pekerjaan, tahapan yang harus dilalui, waktu yang dibutuhkan, kepada siapa ia bertanggung jawab, dan produk dari suatu proses kegiatan. Kalau ada tahapan yang dilewat, atau karena keterdesakan perlu diloncati, maka kelihatan jelas proses yang diloncati tersebut.
Kedua, merumuskan who's doing what. Siapa mengerjakan apa dirumuskan dalam bahasa tulis yang sederhana, realistik, menyeluruh, dan mudah dipahami. Uraian tugas dari masing-masing bagian, masing-masing sub bagian dan masing masing-masing pegawai. Semua terbagi habis. Setiap pegawai datang ke kantor memahami apa yang akan dikerjakan, apa yang menjadi tanggungjawabnya. Karena itu, Pegawai yang tidak memiliki gambaran tentang pekerjaannya lebih baik tidak ke kantor karena hanya akan menyebarkan virus gosip, virus kemalasan, dan mencari penyaluran energi secara tidak tepat.
0 comments :
Post a Comment