Powered by Blogger.
Home » » Organizing

Organizing

Written By Suheryana Bae on Tuesday, October 13, 2015 | 9:43 AM

Dalam sebuah institusi hal paling elementer untuk dilakukan adalah organizing -pengorganisasian--. Sebuah rumusan sederhana untuk mengetahui siapa mengerjakan apa, kapan, dimana, dan bagaimana. Tugas dibagi habis bahkan sampai pengantar surat, pengelola sarana prasarana, pengagenda surat dan penulis alamat surat. Semua pekerjaan diurai sampai yang terkecil dan ditunjuk penanggung jawabnya. Selanjutnya setiap penanggung jawab pekerjaan menulis tugas dan target waktu penyelesaian serta melaporkan progres pekerjaan.

Dengan organizing, pekerjaan sebuah institusi tidak lagi menjadi beban pimpinan tertinggi. Bahkan tanpa kehadiran pimpinan pekerjaan harus tetap terselesaikan. Pimpinan "hanyalah" penanggungjawab kegiatan dan melakukan kontrol apabila diperlukan. Institusi yang baik, harusnya berjalan tanpa kehadiran pimpinan sekalipun. 


0 comments :

Post a Comment